Ketua komisi II DPRD Kabupaten Ngawi, Siswanto serta didampingi anggota DPRD Kabupaten Ngawi menghadiri acara Forum Organisasi Perangkat Daerah Dinas Pendidikan  yang membahas masalah Rencana Kerja Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi. Selasa (3/2/2020)

Ketua komisi II DPRD Kabupaten Ngawi, Siswanto mengatakan, Forum Organisasi OPD ini merupakan alur dalam menyusun program kerja pembangunan khusunya dibidang pendidikan tentunya perlu kita dukung. Kita DPRD kabupaten Ngawi periode 2019-2024 akan mengawasi dan mengevaluasi kedepannya tentang program kerja tentang pendidikan yang dilaksanakan oleh Dindik Ngawi,” ungkap Siswanto

Dalam Forum Opd ini Komisi II DPRD setempat untuk menyampaikan masukannya. Terutama yang menyangkut nasib kesejahteraan para tenaga latihan kerja (latker) di lingkup dinas terkait. ‘’Tadi (kemarin) sempat saya sentil, agar pemerintah daerah tahun depan mengalokasikan anggaran untuk tenaga latker,’’ kata Ketua Komisi II DPRD Ngawi Siswanto.

Siswanto sengaja menyinggung soal kesejahteraan tenaga latker dalam forum tersebut lantaran bukan menjadi pembahasan yang utama. Padahal, menurut dia keberadaan latker yang selama ini jumlahnya mencapai seribu lebih tersebut sangat penting bagi dunia pendidikan. ‘’Tugas mereka itu kan sama dengan tenaga guru lainnya yang berstatus pegawai, tapi secara kesejahteraan sangat jauh berbeda,’’ tegasnya.

Selain mendesak agar memperhatikan kesejahteraan para tenaga latker, komisi II kemarin juga meminta supaya pemerintah daerah tidak memandang sebelah mata lembaga pendidikan swasta. Pihaknya mengusulkan supaya lembaga pendidikan swasta pada tahun depan juga mendapat porsi anggaran dari APBD. Meskipun besarannya tidak harus sama dengan anggaran yang diterima lembaga pendidikan negeri.