NGAWI – Untuk mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penularang Covid-19, sejumlah wakil rakyat dari DPRD Ngawi ikut turun melakukan penyemprotan disinfektan. Upaya tersebut dilakukan sejak beberapa hari lalu dengan menyasar sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Ngawi. ’’Kegiatan ini dilakukan secara paralel, meneruskan penyemprotan (disinfektan) sebelumnya,’’ kata Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto Jatmiko.

Dwi Rianto Jatmiko mengungkapkan penyemprotan itu dilakukam mulai pekan lalu, sejak pihaknya menetapkan untuk menunda sejumlah kegiatan DPRD setempat. Dia mengaku awalnya kegiatan itu hanya difokuskan di beberapa titik. Ternyata respon masyarakat cukup positif. ”Antusias masyarakat pada penyemprotan disinfekan ini sangat tinggi, banyak permintaan masuk hingga akhirnya kami kembangkan ke semua wilayah di Ngawi,” ungkapnya.

Dia menyebut sebelumnya wilayah yang masuk sasaran penyemprotan itu hanya lima kecamatan. Dengan tingginya permintaan dari masyarakat itu, akhirnya dikembangkan ke 19 kecamatan di Ngawi. Pihak yang terlibat pun bukan hanya kalangan dewan, tapi dari TNI, Polri, kecamatan maupun relawan ikut jadi bagian. ”Semua bersinergi, tidak hanya dari anggota dewan saja,” terangnya.

Lalu, bagaimana pendanaannya? Antok mengaku kegiatan penyemprotan itu ditanggung bersama para anggota dewan. Biaya untuk pembelian disinfektan maupun peralatan diambilkan dari hasil patungan beberapa anggota DPRD setempat. ”Kami lakukan secara gotong royong, termasuk sumber pendanaannya,” ungkap politisi yang sudah tiga periode menjabat ketua DPRD tersebut.

Antok menambahkan kegiatan penemprotan itu akan terus dilakukan. Mengingat jika hanya sekali saja kurang efektif untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Hanya, pihaknya tetap mempertimbangkam situasi dan kondisi di lapangan. Selama penyemprotan disinfektan itu masih dibutuhkan, kemungkinan kegiatan serupa juga akan terus dilakukan. ”Perlu dipahami bahwa upaya pencegahan penularan Covid-19 itu bukan hanya jadi tugas pemerintah daerah, tapi juga masyarakat termasuk anggota dewan,” bebernya.