Muncul dari kerumunan masyarakat, Ketua DPRD Kabupaten Ngawi Dwi Rianto Djatmiko menyapa warganya dan membagikan masker kain gratis kepada pedagang pasar tradisional di tiga pasar Kecamatan Kedunggalar tepatnya ada di Pasar Gemarang, Pasar Pelang Kidul dan Pasar Bangunrejo Kidul, Minggu (12/4).

Aksi pembagian masker gratis adalah sebagai ajakan dan dorongan kepada masyarakat agar disiplin menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah, Selain membagikan masker, Dwi Rianto Djatmiko melakukan sosialisasi hal ini juga berdasarkan anjuran dari Bupati Ngawi agar masyarakat yang melakukan aktivitas di luar rumah untuk wajib menggunakan masker, yang mana sampai sekarang Kabupaten Ngawi masih ada di titik zona aman dari Virus Covid 19.

Dwi Rianti Djatmiko mengatakan, pembagian masker ini merupakan tahap awal dari gerakan Pembagian masker yang akan dibagikan pemerintah daerah di semua kecamatan Kabupaten Ngawi. Untuk gerakan awal, kita terjun langsung dengan membagikan masker di titik fasilitas publik yaitu, Pasar Tradisional yang ada di seluruh Kabupaten Ngawi. “Hari ini kita dibagi empat kelompok yang mana kelompok satu di pimpin langsung oleh Bapak Bupati Ngawi yang ada di wilayah Kecamatan Ngawi dan Kecamatan Pitu, kelompok dua di pimpin oleh Wakil Bupati di wilayah timur yaitu di wilayah Kecamatan Padas, kelompok tiga di pimpin saya sendiri di wilayah Kecamatan Kedunggalar dan kelompok empat di pimpin sekda Kabupaten Ngawi di wilayah Kecamatan Karanganyar.

Sebagai antisipasi penyebaran Virus Covid-19 yang semakin meluas di Indonsia,   Menurutnya cara ini dilakukan agar masyarakat yang ada di Pasar bisa memahami secara pasti bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk mencegah persebaran virus Covid-19. “Pembagian masker ini kami lakukan dengan cara menjemput bola, menghampiri langsung masyarakat  yang sedang beraktifitas di Pasar Tradisional, Selain membagikan masker, juga kita beri penjelasan agar masyarakat yang beraktifitas Jual Beli di Pasar harus pakai masker,” beber orang nomer tiga di Kabupaten Ngawi ini.

Dwi Rianto Djatmiko menjelaskan Masker yang kita bagikan Masker kain untuk masyarakat dapat memanfaatkan masker kain yang dapat dicuci dan digunakan berulang kali. Selanjutnya masyarakat dianjurkan untuk selalu jaga jarak, saat berada di luar (physical distancing), minimal satu sampai dua meter. “Sangat wajib hukumnya kita semua melakukan Germas (Gerakan Masyakarat Hidup Sehat) Yakni dengan cara mencuci tangan pakai sabun di dengan air yang mengalir, jangan makan dan menyentuh wajah, hidung, dan mulut jika belum mencuci tangan sampai bersih,” harap Dwi Rianto Djatmiko.